Sunday, June 12, 2011

Pancasila dan Vietnam....

Hai.. hai.. para readers..
Wah ada apa nih di postingan saya kali ini? Sebenernya sih cuma mau bahas tentang kolom di koran kemarin. Ini hasil baca koran saya sore tadi. Awal dari baca korannya sih dari Mr. Ahyari yang tiba-tiba ngelempar pertanyaan about Pancasila. Wah masuk dunia politik nih. Yup, betul. Dunia politik, sebenernya dunia yang satu ini kurang saya minati namun karena sudah kebiasaan di keluarga besar supaya nguasain semua bidang, ya mninimal taulah kalau pun gak suka.

Gak lama kemudian, di kasih lah sebuntel koran (buntel? Haha karung kali di buntel. #apasih). Koran Seputar Indonesia atau biasa dikenal sindo tanggal 11 Juni 2011, kolom OPINI, judul "Pancasila, dimana kini kau berada?" (Nah loh dimana tuh? Perasaan kemarin di bacain pas Upacara deh, hah apasih).


Begitu baca, haduh bahasanya buu berat. Hahaha. Well, habis baca tuh koran. Kesimpulannya cukup menarik, jadi disini Indonesia dibandingin sama Vietnam. Kita tahu kalau Vietnam itu di bilang negara kuper, jadul gitulah. Dan emang betul, di sini dijelasin bagaimana pemerintah Vietnam nggak mendahulukan kepentingan pribadi namun lebih mementingkan fasilitas rakyat. Contohnya nih, kalau pas kita kecil mungkin orangtua kita lebih dominan ngajak ke mall buat refreshing, makan, dll-lah. Nah, itu tuh beda banget sama rakyat Vietnam, kalau di sana pemerintahnya itu nge-buatin banyak perpus sama playground. Wah-wah puas belajar sambil main tuh hahaha. Ini karena Vietnam menganut paham bahwa: "Bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya du pergunakan sebesar-besarnya keperluan rakyat." 


Now, kita lanjut ke segi fashion. Nah, di dunia fashion mereka, mereka juaa menganut paham "Function not Fashion". Wahaha tebolah abis sama Indonesia (Tebolak? terbalik kalleee). Contohnya nih ya, di Vietnam itu cenderung gak gonta-ganti Hp, kata mereka sih "Selagi masih nyala dan berfungsi, ngapain beli baru?".

Hmm, kayaknya segitu dulu deh posting dari saya. Wassalam... :D

No comments:

Post a Comment